Tuesday, May 4, 2021

Persiapan Penilaian Akhir Tahun (PAT) 👉 Matematika & PJOK (Rabu, 5 Mei 2021)

                                        

 PERSIAPAN PENILAIAN AKHIR TAHUN (PAT) 

TAHUN PELAJARAN 2020/2021


📗MATEMATIKA📗

No

Kompetensi Dasar

Kelas

Materi

Level Kognitif

Indikator Soal

Nomor Soal

Bentuk Soal

1

3.1 Menjelaskan pecahan senilai dengan gambar dan model konkrit serta berbagai bentuk pecahan (biasa dan campuran) dan hubungan diantaranya 

IV

Pecahan

Penalaran

(L3)

Disajikan gambar, peserta didik dapat menganalisis pecahan senilai dengan gambar dan model konkrit

22

PG

3.6 Menjelaskan dan menentukan ukuran sudut pada bangun datar dalam satuan baku menggunakan busur derajat

Sudut pada bangun datar

Aplikasi

(L2)

Disajikan soal, peserta didik dapat menentukan besar sudut pada sebuah garis lurus

9

PG

Pengetahuan dan Pemahaman (L1)

Disajikan gambar, peserta didik dapat menunjukkan besar sudut hasil pengukuran pada gambar yang disajikan.

10

PG

 

3.1 Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan dua pecahan dengan penyebut berbeda

V

Pecahan

Aplikasi

(L2)

Disajikan soal, peserta didik dapat menghitung penjumlahan pecahan dengan penyebut berbeda

28

PG

3.2 Menjelaskan pecahan desimal dan persen serta melakukan perkalian dan pembagian pecahan dan desimal serta persen

 

Penalaran

(L3)

Disajikan pernyataan, peserta didik dapat mengelompokkan berbagai bentuk pecahan dari yang terbesar ke terkecil

30

PG

3.5 Menjelaskan data yang berkaitan dengan diri peserta didik atau lingkungan sekitar serta cara pengumpulannya

Statistika

Aplikasi

(L2)

Disajikan data dalam bentuk tabel, peserta didik dapat menentukan jumlah keseluruhan informasi sesuai dengan data pada

14

PG

Aplikasi

(L2)

Disajikan data dalam bentuk tabel, peserta didik dapat mengolah  informasi sesuai dengan data yang diperoleh

15

PG

3.6 Menjelaskan penyajian data yang berkaitan dengan diri peserta didik dan membandingkan dengan data dari lingkungan sekitar, dalam bentuk tabel, diagram batang atau diagram garis

Penyajian Data

Penalaran

(L3)

Disajikan data dalam bentuk tabel frekuensi, peserta didik dapat menganalisis jumlah data yang hilang pada tabel

5

PG

Penalaran

(L3)

Disajikan data dalam bentuk diagram lingkaran, peserta didik dapat menjelaskan penyajian data dan membandingkan informasi yang terdapat di dalam data

29

PG

Aplikasi

(L2)

Disajikan data dalam bentuk diagram garis, peserta didik dapat menentukan nilai terendah sesuai informasi dari data

16

PG

 

3.1 Menjelaskan bilangan bulat negatif menggunakan garis bilangan dan melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian yang melibatkan bilangan bulat

VI

Bilangan bulat negatif

Pengetahuan dan Pemahaman (L1)

Disajikan soal, peserta didik dapat mengidentifikasi bilangan bulat yang ada di antara bilangan bulat positif dan bilangan bulat negatif

1

PG

Pengetahuan dan Pemahaman (L1)

Disajikan soal, peserta didik dapat mengidentifikasi bilangan yang termasuk bilangan cacah

4

PG

3.2  Menjelaskan dan melakukan operasi hitung campuran yang melibatkan bilangan cacah, pecahan dan atau desimal dalam berbagai bentuk sesuai dengan urutan operasi

Operasi hitung campuran

Penalaran

(L3)

Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menganalisis operasi hitung campuran jumlah zakat yang dikeluarkan sesuai dengan jumlah harta  kekayaan

23

PG

Aplikasi

(L2)

Disajikan soal, peserta didik dapat menentukan operasi hitung campuran yang melibatkan bilangan cacah, pecahan dan atau desimal

25

PG

Penalaran

(L3)

Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menganalisis dan mengurutkan bilangan pecahan dalam berbagai bentuk

24

PG

3.3 Menjelaskan unsur unsur lingkaran (titik pusat, jari jari, diameter, busur, tali busur tembereng dan juring) dan taksiran keliling dan luas lingkaran

Unsur unsur lingkaran

Pengetahuan dan Pemahaman (L1)

Disajikan gambar, peserta didik dapat mengidentifikasi unsur unsur lingkaran (titik pusat, jari jari, diameter, busur, tali busur tembereng dan juring)

21

PG

Aplikasi

(L2)

Disajikan sebuah pernyataan, peserta didik dapat menentukan panjang jari-jari, jika diketahui luas lingkarannya

26

PG

Penalaran

(L3)

Disajikan gambar, peserta didik dapat menganalisis luas daerah yang diarsir pada sebuah lingkaran

27

PG

3.4 Menjelaskan bangun ruang kubus, balok, prisma, limas, tabung kerucut dan bola serta bangun ruang gabungannya serta luas permukaan dan volume bangun ruang kubus dan balok

Bangun Ruang

Penalaran

(L3)

Disajikan sebuah pernyataan, peserta didik dapat menganalisis banyak rusuk sebuah bangun ruang (prisma, limas, tabung kerucut dan bola)

2

 

PG

Aplikasi

(L2)

Disajikan gambar bangun ruang, peserta didik dapat menentukan luas permukaan limas persegi

17

PG

Aplikasi

(L2)

Disajikan pernyataan, peserta didik dapat mengidentifikasi bangun ruang sesuai dengan pernyataan

11

PG

Aplikasi

(L2)

Disajikan gambar, peserta didik dapat menentukan luas permukaan bangun ruang

18

PG

Penalaran

(L3)

Disajikan gambar bangun ruang gabungan, peserta didik dapat menganalisis jumlah sisi 

3

PG

Pengetahuan dan Pemahaman (L1)

Disajikan soal, peserta didik dapat menjelaskan rumus volume bangun ruang

19

PG

Aplikasi

(L2)

Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menentukan volume bangun ruang

12, 13, 20

PG

3.5 Menjelaskan dan membandingkan modus, median dan mean dari data tunggal untuk menentukan nilai mana yang paling tepat mewakili data

Statistika

Aplikasi

(L2)

Disajikan sebuah pernyataan, peserta didik dapat menentukan nilai rata rata dari 3 anak

6

PG

Aplikasi

(L2)

Disajikan sebuah data dalam bentuk tabel, peserta didik dapat menentukan rata rata hasil ulangan

7

PG

Pengetahuan dan Pemahaman (L1)

Disajikan sebuah data, peserta didik dapat menjelaskan modus dari  sebuah data

8

PG

📗PJOK📗

Kompetensi Dasar

Materi Pokok

Level Kognitif

Indikator Soal

Bentuk Soal

Nomor Soal

3.1 Memahami variasi dan kombinasi gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif dengan kontrol yang baik dalam permainan bola besar sederhana dan atau tradisional

 

Bola basket

L 1

Peserta didik dapat Mengidentifikasi jenis permainan bola besar

PG

 

L 1

Peserta didik dapat menunjukkan teknik dasar permainan bola basket

PG

 

L 1

Peserta didik dapat menyebutkan teknik dasar permainan bola basket

PG

 

L 1

Peserta didik dapat Menunjukkan bentuk lapangan Bola basket

PG

 

3.2 Memahami variasi dan kombinasi gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif dengan kontrol yang baik dalam permainan bola kecil sederhana dan atau tradisional*

 

Tenis Meja

L 2

Peserta didik dapat Menyebutkan permainan bola kecil

PG

 

L 1

Peserta didik dapat Menyebutkan alat permainan tenis meja

PG

 

L 2

Peserta didik dapat Mengetahui teknik dasar permainan tenis meja

PG

 

L 1

Peserta didik dapat menyebutkan warna bola tenis meja

PG

 

3.3 Memahami variasi dan kombinasi gerak dasar jalan, lari, lompat, dan lempar dengan kontrol yang baik melalui permainan dan atau olahraga tradisional

 

Atletik

L 1

Peserta didik dapat Menyebutkan induk cabang semua olahraga

PG

 

3.5 Memahami latihan kebugaran jasmani dan pengukuran tingkat kebugaran jasmani pribadi secara sederhana (contoh: menghitung denyut nadi, menghitung kemampuan melakukan push up, menghitung kelenturan tungkai)

 

Kebugaran jasmani

L 3

Peserta didik dapat mengetahui gerakan pendinginan

PG

 

L 1

Peserta didik dapat mengetahui cara menjaga kebugaran jasmani

PG

 

L 1

Peserta didik dapat menyebutkan latihan kekuatan otot punggung

PG

 

L 1

Peserta didik dapat mengetahui manfaat berolahraga

PG

 

L 1

Peserta didik dapat Menunjukkan teknik dasar gerakan push Up

PG

 

L 1

Peserta didik dapat Menjelaskan cara menghitung denyut nadi

PG

 

3.7 Memahami penggunaan variasi dan kombinasi gerak dasar rangkaian langkah dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak berirama

 

 

Gerak Berirama

L 1

Peserta didik dapat Menjelaskan arti senam irama

PG

 

L 1

Peserta didik dapat Menjelaskan kegiatan awal senam irama

PG

 

L 1

Peserta didik dapat Menjelaskan teknik dasar senam irama

PG

 

3.8 Memahami keterampilan salah satu gaya renang dan dasar-dasar penyelamatan diri

Renang gaya punggung

L 1

Peserta didik dapat Menjelaskan arti renang

PG

 

L 2

Peserta didik dapat menunjukkan gambar salah satu gaya renang

PG

 

L 2

Peserta didik dapatMenjelaskan teknik dasar renang gaya punggung

PG

 

L 2

Peserta didik dapat Menjelaskan tata tertib di kolam renang

PG

 

3.9 Memahami perlunya pemeliharaan kebersihan alat reproduksi

Kebersihan alat reproduksi

L 1

Peserta didik dapat Menyebutkan penyakit alat reproduksi

PG

 

L 1

Peserta didik dapat Menyebutkan cara menjaga kebersihan alat reproduksi

PG

 

L 1

Peserta didik dapat Menjelaskan cara menjaga kebersihan alat reproduksi

PG

 

L 2

Peserta didik dapat Menyebutkan penyakit alat reproduksi

PG

 

TETAP SEMANGAT 


No comments:

Post a Comment

Tema 3 Subtema 3 Pembelajaran 5, Pramuka (Jumat, 1 Oktober 2021)

  Selamat datang siswa siswi kelas VI B Imam Hanafi Apa kabar hari ini? Tetap semangat yah, meskipun belajarnya dari rumah .   💗 TADARUS AL...