PERSIAPAN PENILAIAN AKHIR TAHUN (PAT)
TAHUN PELAJARAN 2020/2021
📗MATEMATIKA📗
No |
Kompetensi
Dasar |
Kelas |
Materi |
Level Kognitif |
Indikator Soal |
Nomor
Soal |
Bentuk Soal |
1 |
3.1
Menjelaskan pecahan senilai dengan gambar dan model konkrit serta berbagai
bentuk pecahan (biasa dan campuran) dan hubungan diantaranya |
IV |
Pecahan |
Penalaran (L3) |
Disajikan
gambar, peserta didik dapat menganalisis pecahan senilai dengan gambar dan
model konkrit |
22 |
PG |
3.6
Menjelaskan dan menentukan ukuran sudut pada bangun datar dalam satuan baku
menggunakan busur derajat |
Sudut pada bangun datar |
Aplikasi (L2) |
Disajikan
soal, peserta didik dapat menentukan besar sudut pada sebuah garis lurus |
9 |
PG |
||
Pengetahuan dan Pemahaman (L1) |
Disajikan
gambar, peserta didik dapat menunjukkan besar sudut hasil pengukuran pada
gambar yang disajikan. |
10 |
PG |
||||
|
3.1
Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan dua pecahan dengan
penyebut berbeda |
V |
Pecahan |
Aplikasi (L2) |
Disajikan
soal, peserta didik dapat menghitung penjumlahan pecahan dengan penyebut
berbeda |
28 |
PG |
3.2
Menjelaskan pecahan desimal dan persen serta melakukan perkalian dan
pembagian pecahan dan desimal serta persen |
|
Penalaran (L3) |
Disajikan
pernyataan, peserta didik dapat mengelompokkan berbagai bentuk pecahan dari
yang terbesar ke terkecil |
30 |
PG |
||
3.5
Menjelaskan data yang berkaitan dengan diri peserta didik atau lingkungan
sekitar serta cara pengumpulannya |
Statistika |
Aplikasi (L2) |
Disajikan data dalam bentuk tabel, peserta didik
dapat menentukan jumlah keseluruhan informasi sesuai dengan data pada |
14 |
PG |
||
Aplikasi (L2) |
Disajikan data dalam bentuk tabel, peserta didik
dapat mengolah informasi sesuai dengan
data yang diperoleh |
15 |
PG |
||||
3.6
Menjelaskan penyajian data yang berkaitan dengan diri peserta didik dan
membandingkan dengan data dari lingkungan sekitar, dalam bentuk tabel,
diagram batang atau diagram garis |
Penyajian Data |
Penalaran (L3) |
Disajikan data dalam bentuk tabel frekuensi,
peserta didik dapat menganalisis jumlah data yang hilang pada tabel |
5 |
PG |
||
Penalaran (L3) |
Disajikan data dalam bentuk diagram lingkaran,
peserta didik dapat menjelaskan penyajian data dan membandingkan informasi
yang terdapat di dalam data |
29 |
PG |
||||
Aplikasi (L2) |
Disajikan data dalam bentuk diagram garis, peserta
didik dapat menentukan nilai terendah sesuai informasi dari data |
16 |
PG |
||||
|
3.1
Menjelaskan bilangan bulat negatif menggunakan garis bilangan dan melakukan
operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian yang melibatkan
bilangan bulat |
VI |
Bilangan bulat negatif |
Pengetahuan dan Pemahaman (L1) |
Disajikan soal, peserta didik dapat
mengidentifikasi bilangan bulat yang ada di antara bilangan bulat positif dan
bilangan bulat negatif |
1 |
PG |
Pengetahuan dan Pemahaman (L1) |
Disajikan soal, peserta didik dapat
mengidentifikasi bilangan yang termasuk bilangan cacah |
4 |
PG |
||||
3.2 Menjelaskan dan melakukan operasi hitung
campuran yang melibatkan bilangan cacah, pecahan dan atau desimal dalam
berbagai bentuk sesuai dengan urutan operasi |
Operasi hitung campuran |
Penalaran (L3) |
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat
menganalisis operasi hitung campuran jumlah zakat yang dikeluarkan sesuai
dengan jumlah harta kekayaan |
23 |
PG |
||
Aplikasi (L2) |
Disajikan soal, peserta didik dapat menentukan
operasi hitung campuran yang melibatkan bilangan cacah, pecahan dan atau
desimal |
25 |
PG |
||||
Penalaran (L3) |
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat
menganalisis dan mengurutkan bilangan pecahan dalam berbagai bentuk |
24 |
PG |
||||
3.3
Menjelaskan unsur unsur lingkaran (titik pusat, jari jari, diameter, busur,
tali busur tembereng dan juring) dan taksiran keliling dan luas lingkaran |
Unsur unsur lingkaran |
Pengetahuan dan Pemahaman (L1) |
Disajikan gambar, peserta didik dapat mengidentifikasi
unsur unsur lingkaran (titik pusat, jari jari, diameter, busur, tali busur
tembereng dan juring) |
21 |
PG |
||
Aplikasi (L2) |
Disajikan sebuah pernyataan, peserta didik dapat
menentukan panjang jari-jari, jika diketahui luas lingkarannya |
26 |
PG |
||||
Penalaran (L3) |
Disajikan gambar, peserta didik dapat menganalisis
luas daerah yang diarsir pada sebuah lingkaran |
27 |
PG |
||||
3.4
Menjelaskan bangun ruang kubus, balok, prisma, limas, tabung kerucut dan bola
serta bangun ruang gabungannya serta luas permukaan dan volume bangun ruang
kubus dan balok |
Bangun Ruang |
Penalaran (L3) |
Disajikan sebuah pernyataan, peserta didik dapat
menganalisis banyak rusuk sebuah bangun ruang (prisma, limas, tabung kerucut
dan bola) |
2
|
PG |
||
Aplikasi (L2) |
Disajikan gambar bangun ruang, peserta didik dapat
menentukan luas permukaan limas persegi |
17 |
PG |
||||
Aplikasi (L2) |
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat
mengidentifikasi bangun ruang sesuai dengan pernyataan |
11 |
PG |
||||
Aplikasi (L2) |
Disajikan gambar, peserta didik dapat menentukan
luas permukaan bangun ruang |
18 |
PG |
||||
Penalaran (L3) |
Disajikan gambar bangun ruang gabungan, peserta
didik dapat menganalisis jumlah sisi |
3 |
PG |
||||
Pengetahuan dan Pemahaman (L1) |
Disajikan soal, peserta didik dapat menjelaskan
rumus volume bangun ruang |
19 |
PG |
||||
Aplikasi (L2) |
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat
menentukan volume bangun ruang |
12, 13, 20 |
PG |
||||
3.5
Menjelaskan dan membandingkan modus, median dan mean dari data tunggal untuk
menentukan nilai mana yang paling tepat mewakili data |
Statistika |
Aplikasi (L2) |
Disajikan sebuah pernyataan, peserta didik dapat
menentukan nilai rata rata dari 3 anak |
6 |
PG |
||
Aplikasi (L2) |
Disajikan sebuah data dalam bentuk tabel, peserta
didik dapat menentukan rata rata hasil ulangan |
7 |
PG |
||||
Pengetahuan dan Pemahaman (L1) |
Disajikan sebuah data, peserta didik dapat
menjelaskan modus dari sebuah data |
8 |
PG |
📗PJOK📗
Kompetensi
Dasar |
Materi Pokok |
Level
Kognitif |
Indikator
Soal |
Bentuk Soal |
Nomor Soal |
3.1 Memahami variasi
dan kombinasi gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif dengan
kontrol yang baik dalam permainan bola besar sederhana dan atau tradisional
|
Bola basket |
L 1 |
Peserta didik dapat Mengidentifikasi jenis permainan bola besar |
PG |
|
L 1 |
Peserta didik dapat menunjukkan teknik dasar permainan bola basket |
PG |
|
||
L 1 |
Peserta didik dapat menyebutkan teknik dasar permainan bola basket |
PG |
|
||
L 1 |
Peserta didik dapat Menunjukkan bentuk lapangan Bola basket |
PG |
|
||
3.2 Memahami variasi
dan kombinasi gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif dengan kontrol
yang baik dalam permainan bola kecil sederhana dan atau tradisional*
|
Tenis Meja |
L 2 |
Peserta didik dapat Menyebutkan
permainan bola kecil |
PG |
|
L 1 |
Peserta didik dapat Menyebutkan
alat permainan tenis meja |
PG |
|
||
L 2 |
Peserta didik dapat Mengetahui
teknik dasar permainan tenis meja |
PG |
|
||
L 1 |
Peserta didik dapat menyebutkan
warna bola tenis
meja |
PG |
|
||
3.3 Memahami variasi
dan kombinasi gerak dasar jalan, lari, lompat, dan lempar dengan kontrol yang
baik melalui permainan dan atau olahraga tradisional
|
Atletik |
L 1 |
Peserta didik dapat Menyebutkan
induk cabang semua olahraga |
PG |
|
3.5 Memahami latihan
kebugaran jasmani dan pengukuran tingkat kebugaran jasmani pribadi secara
sederhana (contoh: menghitung denyut nadi, menghitung kemampuan melakukan
push up, menghitung kelenturan tungkai)
|
Kebugaran jasmani |
L 3 |
Peserta didik dapat mengetahui
gerakan pendinginan |
PG |
|
L 1 |
Peserta didik dapat mengetahui
cara menjaga kebugaran jasmani |
PG |
|
||
L 1 |
Peserta didik dapat menyebutkan
latihan kekuatan otot punggung |
PG |
|
||
L 1 |
Peserta didik dapat mengetahui
manfaat berolahraga |
PG |
|
||
L 1 |
Peserta didik dapat Menunjukkan
teknik dasar gerakan push Up |
PG |
|
||
L 1 |
Peserta didik dapat Menjelaskan
cara menghitung denyut nadi |
PG |
|
||
3.7 Memahami
penggunaan variasi dan kombinasi gerak dasar rangkaian langkah dan ayunan
lengan mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak
berirama
|
Gerak Berirama |
L 1 |
Peserta didik dapat Menjelaskan
arti senam irama |
PG |
|
L 1 |
Peserta didik dapat Menjelaskan
kegiatan awal senam irama |
PG |
|
||
L 1 |
Peserta didik dapat Menjelaskan
teknik dasar senam irama |
PG |
|
||
3.8 Memahami
keterampilan salah satu gaya renang dan dasar-dasar penyelamatan diri |
Renang gaya punggung |
L 1 |
Peserta didik dapat Menjelaskan arti
renang |
PG |
|
L 2 |
Peserta didik dapat menunjukkan
gambar salah satu gaya renang |
PG |
|
||
L 2 |
Peserta didik dapatMenjelaskan
teknik dasar renang gaya punggung |
PG |
|
||
L 2 |
Peserta didik dapat Menjelaskan
tata tertib di kolam renang |
PG |
|
||
3.9 Memahami perlunya
pemeliharaan kebersihan alat reproduksi |
Kebersihan alat reproduksi |
L 1 |
Peserta didik dapat Menyebutkan
penyakit alat reproduksi |
PG |
|
L 1 |
Peserta didik dapat Menyebutkan cara menjaga kebersihan alat
reproduksi |
PG |
|
||
L 1 |
Peserta didik dapat Menjelaskan
cara menjaga kebersihan alat reproduksi |
PG |
|
||
L 2 |
Peserta didik dapat Menyebutkan
penyakit alat reproduksi |
PG |
|
TETAP SEMANGAT
No comments:
Post a Comment