PERSIAPAN PENILAIAN AKHIR TAHUN (PAT)
TAHUN PELAJARAN 2020/2021
📚BAHASA INDONESIA📚
No |
Kompetensi Dasar |
Kelas |
Materi |
Level Kognitif |
Indikator Soal |
Bentuk Soal
|
Nomor Soal |
1 |
3.1
Mencermati gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks
lisan, tulis, atau visual |
IV |
Gagasan
pokok pada paragraf |
Penalaran (L3) |
Disajikan teks bacaan, peserta
didik dapat mengidentifikasi gagasan pokok pada paragraf tertentu dengan
benar |
PG |
|
2 |
|
IV |
Gagasan
pendukung pada paragraf |
Aplikasi (L2) |
Disajikan teks bacaan, peserta
didik dapat menemukan gagasan pendukung pada paragraf tertentu dengan benar |
PG |
|
3 |
|
IV |
Kalimat
penjelas |
Pengetahuan dan Pemahaman (L1) |
Disajikan teks bacaan, paserta
didik dapat menjawab pertanyaan sesuai kalimat penjelas pada paragraf
tertentu dengan benar |
PG |
|
4 |
|
IV |
L2 |
Disajikan teks bacaan, peserta
didik dapat menentukan jenis paragraf berdasarkan letak kalimat utamanya
dengan tepat |
PG |
|
|
5 |
3.2 Mencermati keterhubungan antargagasan yang didapat dari teks
lisan, tulis, atau visual |
IV |
Teks visual |
Penalaran (L3) |
Disajikan teks visual, peserta
didik dapat mengindentifikasi sebuah gambar dari teks visual yang diamati
dengan terperinci dengan benar |
PG |
|
6 |
|
IV |
Kalimat
tanya |
L2 |
Disajikan sebuah paragraf, peserta
didik dapat menentukan kalimat tanya yang sesuai dengan isi paragraf dengan
benar |
PG |
|
7 |
3.7 Menggali pengetahuan baru yang terdapat pada teks nonfiksi. |
IV |
Unsur
intrinsik cerita/teks nonfiksi |
L2 |
Disajikan tabel tentang unsur
intrinsik cerita, peserta didik dapat mengidentifikasi unsur intrinsik teks
nonfiksi dengan tepat |
PG |
|
8 |
3.6 Menggali isi dan amanat puisi yang disajikan secara lisan dan
tulis dengan tujuan untuk kesenangan |
V |
Ciri-ciri
puisi |
L2 |
Disajikan teks puisi anak dan
deskripsi tentang rima, peserta didik dapat mengindentifikasi rima pada bait
puisi dengan tepat |
PG |
|
9 |
|
V |
|
Penalaran (L3) |
Berdasarkan teks puisi anak yang
disajikan, peserta didik dapat menjelaskan isi yang terkandung dalam puisi
dengan benar. |
PG |
|
10 |
3.1 Menentukan pokok pikiran dalam teks lisan dan tulis. |
V |
Pokok
pikiran |
Penalaran (L3) |
Disajikan sebuah paragraf, peserta
didik dapat menentukan ide pokok pada paragraf secara tepat |
PG |
|
11 |
3.4 Menganalisis informasi yang disampaikan paparan iklan dari media
cetak atau elektronik |
V |
Kata
kunci pada iklan media cetak |
L2 |
Disajikan gambar iklan media
cetak, peserta didik dapat mengidentifikasikan kata kunci pada iklan media
cetak. |
PG |
|
12 |
|
V |
Ciri-ciri
bahasa iklan |
L2 |
Disajikan deskripsi singkat
tentang iklan, peserta didik dapat mengidentifikasi ciri-ciri bahasa iklan
dengan tepat |
PG |
|
13 |
3.5 Menggali informasi penting
dari teks narasi sejarah yang disajikan secara lisan dan tulis menggunakan
aspek : apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana |
V |
Teks
narasi sejarah |
L2 |
Disajikan teks narasi sejarah,
peserta didik dapat menjelaskan ide pokok paragraf dengan menggunakan aspek :
apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana dengan benar. |
PG |
|
14 |
3.6 Menggali isi dan amanat pantun
yang disajikan secara lisan dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan |
V |
Bagian-bagian
dan ciri-ciri pantun |
L2 |
Disajikan contoh pantun rumpang,
peserta didik dapat menentukan baris isi pantun rumpang dengan tepat. |
PG |
|
15 |
3.7 Menguraikan konsep-konsep yang
saling berkaitan pada teks nonfiksi |
V |
Teks
nonfiksi |
L3 |
Disajikan sebuah paragraf/teks
nonfiksi, peserta didik dapat menjelaskan informasi sebuah teks secara tepat. |
PG |
|
16 |
|
V |
|
L2 |
Disajikan sebuah paragraf/teks
nonfiksi, peserta didik dapat mengidentifikasi ide pokok paragraf dengan
benar |
PG |
|
17 |
3.8 Menguraikan urutan peristiwa atau tindakan yang terdapat pada teks
nonfiksi |
V |
|
L2 |
Melalui kegiatan mengamati, siswa
mampu mengidentifikasi urutan peristiwa dalam bacaan dengan benar |
PG |
|
18 |
|
V |
|
L3 |
Disajikan sebuah urutan peristiwa
yang diacak, peserta didik dapat mengurutkan peristiwa tersebut dengan tepat |
PG |
|
19 |
3.4 Menganalisis informasi yang
disampaikan paparan iklan dari media cetak atau elektronik |
V |
Iklan
media elektronik |
L2 |
Dengan kegiatan mengamati gambar
lukisan, siswa dapat mengidentifikasi gambar benda isi iklan dengan tepat |
PG |
|
20 |
3.1 Menyimpulkan informasi
berdasarkan teks laporan hasil pengamatan yang didengar dan dibaca |
VI |
Lawan
kata (Antonim) |
L1 |
Disajikan kalimat sederhana
peserta didik dapat menentukan antonim dalam teks |
PG |
|
21 |
3.1 Menyimpulkan informasi
berdasarkan teks laporan hasil pengamatan yang didengar dan dibaca |
VI |
Teks
laporan hasil pengamatan |
L2 |
Disajikan sebuah teks bacaan,
peserta didik dapat menentukan gagasan utama paragraf dengan benar |
PG |
|
22 |
|
VI |
|
L2 |
Disajikan sebuah teks
laporan pengamatan, peserta didik dapat menentukan topik yang sesuai dengan
benar |
PG |
|
23 |
3.4 Menggali informasi penting dari buku sejarah menggunakan aspek:
apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana |
VI |
Kalimat
tanya, kalimat efektif dan kosakata baku |
L2 |
Disajikan sebuah paragraf, peseta
didik dapat menentukan kalimat tanya yang tepat dengan isis paragraf dengan
benar |
PG |
|
24 |
|
VI |
|
L2 |
Disajikan beberapa kalimat,
peserta didik dapat menentukan kalimat efektif dengan benar |
PG |
|
25 |
|
VI |
|
L2 |
Peserta didik dapat menggunakan
kosakata baku dalam kalimat dengan benar |
PG |
|
26 |
3.2 Menggali isi teks penjelasan
(eksplanasi) ilmiah yang didengar dan dibaca |
VI |
Teks
eksplanasi |
L2 |
Peserta didik dapat menjelaskan
tentang pengertian teks eksplanasi |
PG |
|
27 |
|
VI |
|
L3 |
Disajikan petunjuk penggunaan
sesuatu secara acak, peserta didik dapat mengurutkan petunjuk penggunaan
pensil mekanik dengan tepat |
PG |
|
28 |
3.6 Mencermati petunjuk dan teks
isi formulir (pendaftaran, kartu anggota, pengiriman uang melalui bank/kantor
pos daftar riwayat hidup dan sebagainya) |
VI |
Teks
formulir |
L1 |
Disajikan gambar formulir, peserta
didik dapat menentukan jenis formulir tersebut dengan benar |
PG |
|
29 |
|
VI |
|
L1 |
Disajikan
gambar sebuah slip pembayaran di bank, peserta didik dapat mengisi salah satu
isian slip dengan tepat |
PG |
|
30 |
3.7 Memperkirakan informasi yang dapat diperoleh dari teks nonfiksi
sebelum membaca (hanya berdasarkan membaca judulnya saja) |
VI |
Teks
nonfiksi |
L1 |
Disajikan dua teks sederhana,
peserta didik dapat menentukan persamaan dan perbedaan kedua teks tersebut |
PG |
|
31 |
|
VI |
|
L3 |
Disajikan sebuah teks cerita
peserta didik dapat menentukan kesimpulan cerita dengan tepat |
PG |
|
32 |
3.8 Menggali informasi yang
terdapat pada teks nonfiksi |
VI |
Judul
teks dan kata kunci |
L2 |
Disajikan sebuah teks, peserta
didik dapat menentukan kata kunci berdasarkan teks dengan tepat |
PG |
|
33 |
3.3 Menggali isi teks pidato yang
didengar dan dibaca |
VI |
Teks
pidato |
L2 |
Disajikan teks pidato, peserta
didik dapat melengkapi dengan kata yang tepat |
PG |
|
34 |
|
VI |
|
L3 |
Disajikan teks pidato, peserta
didik dapat menentukan isi pidato dengan tepat |
PG |
|
35 |
|
VI |
|
L2 |
Disajikan gambar, peserta didik
dapat melengkapi kalimat iklan berdasarkan gambar |
PG |
|
36 |
3.7 Memperkirakan informasi yang dapat diperoleh dari teks nonfiksi
sebelum membaca (hanya berdasarkan membaca judulnya) |
VI |
Teks fiksi
dan nonfiksi |
L2 |
Disajikan sebuah bacaan, peserta
didik dapat menentukan jenis teks fiksi atau nonfiksi dengan tepat |
PG |
|
37 |
|
VI |
|
L3 |
Disajikan sebuah cerita, peserta
didik dapat memperoleh informasi dari cerita tersebut dengan benar |
PG |
|
38 |
|
VI |
|
L2 |
Disajikan sebuah cerita, peserta
didik dapat menentukan latar tempat penggalan cerita dengan benar. |
PG |
|
39 |
|
VI |
|
L3 |
Disajikan sebuah cerita, peserta
didik dapat menentukan watak tokoh dalam cerita tersebut dengan benar. |
PG |
|
40
|
3.9 Menelusuri tuturan dan tindakan tokoh serta penceritaan penulis
dalam teks fiksi |
VI |
Unsur
intrinsik cerita |
L2 |
Disajikan sebuah cerita peserta
didik dapat menemukan keteladanan tokoh utama dengan benar |
PG |
|
📘ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA)📘
No |
Kompetensi Dasar |
Kelas |
Materi |
Level Kognitif |
Indikator Soal |
Nomor Soal |
Bentuk Soal |
1 |
3.1 Menghubungkan antara bentuk dan fungsi tubuh pada hewan dan
tumbuhan |
IV |
Fungsi Bagian Tubuh Hewan/Tumbuhan |
L3 |
Disajikan gambar hewan. Peserta didik mampu
menentukan hubungan antara bentuk tubuh dan fungsinya. |
|
PG |
L1 |
Disajikan gambar tumbuhan. Peserta didik mampu
menentukan fungsi bagian tumbuhan. |
|
PG |
||||
3.2 Membandingkan siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup |
Siklus/Daur Hidup Hewan |
L3 |
Disajikan pernyataan tentang siklus/daur hidup
beberapa hewan. Peserta didik mampu memilih tahapan daur hidup hewan dengan
tepat |
|
PG |
||
L2 |
Disajikan soal. Peserta didik mampu menentukan
tahapan siklus/daur hidup hewan yang merugikan manusia. |
|
PG |
||||
3.3 Menghubungkan jenis gaya (otot, gravitasi, gesek, listrik, dan
magnet) dan gerak serta pengaruhnya pada peristiwa di lingkungan sekitar. |
Gaya dan Gerak |
L2 |
Disajikan 2 gambar. Peserta didik mampu menentukan
perbedaan jenis gaya yang bekerja pada gambar. |
|
PG |
||
L2 |
Disajikan pernyataan. Peserta didik mampu
menentukan pengaruh gaya terhadap sebuah benda. |
|
PG |
||||
3.4 Mengidentifikasi berbagai sumber energi, perubahan bentuk energi,
dan sumber energi alternatif (angin, air, matahari, panas bumi, bahan bakar
organik, dan nuklir) dalam kehidupan sehari-hari) |
Energi dan Perubahannya |
L3 |
Disajikan 4 gambar alat elektronik. Peserta didik
mampu memilih alat elektronik yang mengalami perubahan energi yang sama. |
|
PG |
||
Energi Alternatif |
L1 |
Disajikan soal. Peserta didik mampu menentukan
jenis-jenis energi yang dapat dijadikan sebagai energi alternatif |
|
PG |
|||
3.5 Menerapkan sifat-sifat bunyi dan keterkaitannya dengan indra
pendengaran. |
Bunyi |
L2 |
Disajikan
gambar hewan ( anjing,
jangkrik,
lumba – lumba,
kelelawar,dsb).
Peserta didik mampu menentukan jenis bunyi yang dapat didengar oleh hewan
pada gambar yang disajikan. |
|
PG |
||
L1 |
Disajikan gambar alat musik. Peserta didik mampu
menunjukkan sumber bunyi dari alat musik tersebut. |
|
PG |
||||
3.6 Menerapkan sifat-sifat cahaya dan keterkaitannya dengan indra
penglihatan. |
Cahaya |
L3 |
Disajikan gambar.Peserta
didik mampu menentukan sifat cahaya sesuai dengan gambar yang
disajikan.
|
|
PG |
||
3.7 Menjelaskan pentingnya upaya keseimbangan dan pelestarian sumber
daya alam di lingkungannya |
Pelestarian Lingkungan |
L1 |
Disajikan beberapa aktifitas sehari-hari manusia.
Peserta didik mampu menunujukkan aktifitas manusia yang merupakan upaya
pelestarian lingkungan. |
|
PG |
||
Keseimbangan Lingkungan |
L2 |
Disajikan ilustrasi tentang keseimbangan
lingkungan. Peserta didik mampu menentukan akibat dari ketidakseimbangan
lingkungan yang terjadi pada ilustrasi tersebut. |
|
PG |
|||
2 |
3.1 Menjelaskan alat gerak dan fungsinya pada hewan dan manusia serta
cara memelihara kesehatan alat gerak manusia. |
V |
Jenis-Jenis sendi |
L2 |
Disajikan ilustrasi. Peserta didik
mampu menentukan jenis sendi yang digunakan. |
|
PG |
Cara memelihara kesehatan alat
gerak manusia |
L2 |
Disajikan soal. Peserta didik mampu memilih cara
memelihara kesehatan alat gerak
manusia dengan tepat |
|
PG |
|||
3.2 Menjelaskan organ pernapasan dan fungsinya pada hewan dan manusia,
serta cara memelihara kesehatan organ pernapasan manusia |
Alur pernapasan |
L2 |
Disajikan pernyataan. Peserta didik mampu
mengurutkan proses pernapasan yang berlangsung di hidung |
|
PG |
||
Macam-Macam Sistem Pernapasan pada Manusia |
L3 |
Disajikan gambar proses pernapasan dada/perut.
Peserta didik mampu menentukan proses
pernafasan yang sesuai dengan gambar tersebut. |
|
PG |
|||
Alat pernapasan |
L1 |
Disajikan gambar. Peserta didik mampu menentukan
fungsi alat pernapasan yang ditunjuk oleh gambar |
|
PG |
|||
3.3 Menjelaskan organ pencernaan dan fungsinya pada hewan dan manusia,
serta cara memelihara kesehatan organ pencernaan manusia |
Sistem Pencernaan |
L1 |
Disajikan gambar sistem pencernaan. Peserta didik
mampu menentukan fungsi organ pencernaan yang ditunjuk oleh gambar |
|
PG |
||
Cara Memelihara Kesehatan Organ Pencernaan Manusia |
L2 |
Disajikan soal. Peserta didik mampu memilih cara
memelihara kesehatan organ pencernaan
manusia dengan tepat |
|
PG |
|||
3.4 Menjelaskan organ peredaran darah dan fungsinya pada hewan dan
manusia, serta cara memelihara kesehatan organ peredaran darah manusia |
Mekanisme Sistem Peredaran Darah Manusia |
L2 |
Disajikan gambar aliran peredaran pada manusia. Peserta
didik mampu mengurutkan sistem peredaran besar dengan tepat. |
|
PG |
||
3.5 Menganalisis hubungan antar komponen ekosistem dan jaring-jaring
makanan di lingkungan sekitar |
Jaring-Jaring Makanan |
L2 |
Disajikan gambar rantai makanan yang tidak
lengkap. Peserta didik mampu menentukan organisme yang menduduki bagian pada
gambar rantai makanan yang disajikan. |
|
PG |
||
L3 |
Disajikan gambar jaring-jaring makanan. Peserta
didik mampu memprediksi jumlah rantai makanan yang dapat terbentuk dari
jaring-jaring makanan tersebut. |
|
PG |
||||
3.6 Menerapkan konsep perpindahan dan pengaruh kalor dalam kehidupan
sehari-hari |
Perpindahan Kalor |
L2 |
Disajikan gambar. Peserta didik mampu menentukan jenis
perpindahan kalor yang terjadi. |
|
PG |
||
3.7 Menganalisis siklus air dan dampaknya pada peristiwa di bumi serta kelangsungan
makhluk hidup |
Siklus/Daur Air |
L3 |
Disajikan gambar daur/siklus air bernomor. Peserta didik
mampu mengidentifikasi tahapan siklus/daur air pada nomor tertentu. |
|
PG |
||
L3 |
Disajikan gambar. Peserta didik mampu menentukan
dampak dari kegiatan pada gambar terhadap siklus/daur air. |
|
PG |
||||
3 |
3.1 Membandingkan cara perkembangbiakan tumbuhan dan hewan |
VI |
Cara perkembangbiakan Hewan |
L1 |
Disajikan beberapa nama hewan. Peserta didik
mampu menentukan nama-nama hewan yang berkembangbiak dengan cara bertelur/melahirkan/bertelur-melahirkan. |
|
PG |
3.2 Menghubungkan ciri pubertas pada laki-laki dan perempuan dengan
kesehatan reproduksi |
Ciri-Ciri Pubertas |
L2 |
Disajikan pernyataan. Peserta didik mampu menentukan
ciri-ciri pubertas pada laki-laki/perempuan dengan tepat. |
|
PG |
||
3.3 Menganalisis cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan |
Adaptasi Hewan/Tumbuhan |
L1 |
Disajikan pernyataan. Peserta didik mampu menentukan
cara hewan/tumbuhan beradaptasi terhadap lingkungannya |
|
PG |
||
3.4 Mengidentifikasi sifat-sifat magnet dalam kehidupan sehari-hari |
Sifat-Sifat Magnet |
L2 |
Disajikan soal. Peserta didik mampu menentukan
sifat magnet dengan tepat |
|
PG |
||
3.5 Mengidentifikasi komponen listrik dan fungsinya serta menjelaskan
cara menghasilkan, menyalurkan, dan menghemat energi listrik |
Listrik |
L3 |
Disajikan gambar. Peserta didik mampu menentukan
saklar yang harus diputus/disambung sehingga beberapa lampu menyala atau
mati. |
|
PG |
||
3.6 Menjelaskan sistem tata surya dan karakteristik anggota tata surya |
Sistem Tata Surya |
L2 |
Disajikan pernyataan tentang karakteristik planet.
Peserta didik mampu menentukan ciri-ciri planet tertentu. |
|
PG |
||
L2 |
Disajikan gambar planet bernomor. Peserta didik
mampu menentukan planet yang ukuran dan komposisinya mirip dengan bumi
(Planet terrestrial) |
|
PG |
||||
3.7 Menjelaskan peristiwa rotasi dan revolusi bumi serta terjadinya
gerhana bulan dan gerhana matahari. |
Rotasi/Revolusi Bumi |
L2 |
Disajikan pernyataan. Peserta didik mampu
menentukan akibat dari rotasi bumi. |
|
PG |
||
Gerhana Matahari/Bulan |
L3 |
Disajikan gambar gerhana. Peserta didik mampu
menentukan gambar gerhana matahari/bulan |
|
PG |
|||
L2 |
Disajikan pernyataan tentang revolusi bumi dan
revolusi bulan. Peserta didik mampu menentukan akibat dari peristiwa yang
terjadi. |
|
PG |
📙ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)📙
NO. |
KOMPETENSI DASAR |
MATERI |
KELAS |
INDIKATOR SOAL |
BENTUK SOAL |
1 |
3.1 Mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi. |
Mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam |
IV |
Disaikan beberapa contoh sumber daya alam, peserta
didik dapat mengelompokkan sumber
daya alam tersebut berdasarkan kriteria tertentu secara tepat |
PG |
Lingkungan hidup dan manfaatnya |
IV |
Disajikan pilihan
pertanyaan, peserta dapat
menentukan fungsi lingkungan hidup dengan benar |
PG |
||
2 |
3.2 Mengidentifikasi keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia; serta hubungannya dengan karakteristik ruang. |
Mengidentifikasi keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, dan
agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia |
IV |
Disajikan sebuah tabel
peserta didik dapat
menentukan pasangan alat
musik beserta daerah
asalnya secara tepat |
PG |
NO. |
KOMPETENSI DASAR |
MATERI |
KELAS |
INDIKATOR SOAL |
BENTUK SOAL |
|
|
Keragaman sosial, ekononi,
budaya, etnis, dan
agama di Indonesia |
IV |
Disajikan sebuah deskripsi tentang budaya di Indonesia, peserta didik dapat
mengelompokkan jenis budaya tersebut sesuai dengan daerah wilayahnya secara tepat |
PG |
3 |
3.3 Mengidentifikasi
kegiatan ekonomi dan hubungannya dengan berbagai bidang pekerjaan, serta kehidupan sosial
dan budaya di lingkungan sekitar sampai provinsi. |
Hubungan sumber daya alam
dengan keragaman sosial budaya
dan mata pencaharian |
IV |
Disajikan sebuah
ilustrasi, peserta didik dapat menentukan mata pencaharian yang sesuai dengan sumber daya alam wilayah
setempat dengan benar |
PG |
Jenis-jenis kegiatan ekonomi |
IV |
Disajikan sebuah ilustrasi, peserta didik dapat
menganalisis kegiatan ekonomi yang dilakukan secara tepat |
PG |
||
4 |
3.4 Mengidentifikasi
kerajaan Hindu dan/atau Buddha dan/atau Islam di lingkungan daerah setempat,serta pengaruhnya pada kehidupan masyarakat masa kini. |
Mengidentifikasi kerajaan Hindu, Budha, dan Islam |
IV |
Disajikan gambar peninggalan sejarah, peserta didik
dapat menentukan asal
peninggalan sejarah tersebut
secara tepat |
PG |
5 |
3.1 Mengidentifikasi karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya, komunikasi, serta transportasi. |
Persebaran flora dan fauna
di Indonesia |
V |
Disajikan nama-nama fauna, peserta didik
dapat mengelompokkan fauna tersebut berdasarkan wilayahnya secara tepat |
PG |
Mengenal letak geografis Indonesia |
V |
Disajikan sebuah deskripsi, peserta didik dapat
mengidentifikasi letak geografis Indonesia secara tepat. |
PG |
||
Indonesia sebagai negara
maritim dan agraris |
V |
Disajikan sebuah
ilustrasi, peserta didik dapat mengidentifikasi karakteristik Indonesia
sebaga negara (agraris/atau maritim) secara tepat. |
PG |
NO. |
KOMPETENSI DASAR |
MATERI |
KELAS |
INDIKATOR SOAL |
BENTUK SOAL |
|
|
Kenampakan alam sekitar |
V |
Disajikan sebuah deskripsi tentang penampakan alam
wilayah perairan, peserta didik dapat menjelaskan
pengertian dari kenampakan alam tersebut dengan benar. |
PG |
6 |
3.2 Menganalisis bentuk bentuk interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembangunan sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat Indonesia |
Interaksi sosial dan lingkungan |
V |
Disajikan pernyataan tentang interaksi sosial, peserta didik dapat menggolongkan interaksi sosial
tersebut secara tepat |
PG |
Interaksi sosial di masyarakat |
V |
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat
mengelompokkan jenis interaksi tersebut pada
bidang yang sesuai secara
tepat |
PG |
||
Interaksi manusia dan lingkungan alam
dan pengaruhnya |
V |
Disajikan ilustrasi, peserta
didik dapat menentukan dampak (positif/ atau dampak
negatif) interaksi manusia
dengan lingkungan alam
secara tepat |
PG |
||
7 |
3.3 Menganalisis peran ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan budaya untuk memperkuat
kesatuan dan persatuan bangsa. |
Jenis-jenis usaha ekonomi
masyarakat |
V |
Disajikan sebuah pernyataan, peserta didik dapat
menjelaskan usaha peningkatan hasil produksi sektor
agraris secara tepat. |
PG |
Jenis-jenis usaha ekonomi
yang dikelola secara perorangan
atau kelompok |
V |
Disajikan sebuah
ilustrasi, peserta didik
dapat menjelaskan bentuk
usaha ekonomi yang
dikelola secara berkelompok dengan
benar. |
PG |
||
Jenis usaha dengan
mengolah sumber daya alam |
V |
Disajikan sebuah
deskripsi, peserta didik
dapat menyebutkan jenis
usaha di bidang ekstraktif
secara tepat. |
PG |
||
Usaha dalam kegiatan
ekonomi masyarakat Indonesia |
V |
Disajikan sebuah deskripsi tentang usaha dalam
kegiatan ekonomi, peserta didik
dapat menyebutkan hasil
dari usaha tersebut secara tepat. |
PG |
||
8 |
Mengidentifikasi faktor- faktor penting penyebab |
Peristiwa kedatangan
bangsa Eropa ke Indonesia |
V |
Disajikan sebuah
ilustrasi, peserta didik dapat mengidentifikasi faktor- faktor pendorong penjelajahan samudera secara
tepat. |
PG |
NO. |
KOMPETENSI DASAR |
MATERI |
KELAS |
INDIKATOR SOAL |
BENTUK SOAL |
|
penjajahan bangsa
Indonesia dan upaya bangsa
Indonesia dalam mempertahankan kedaulatannya. |
|
|
|
|
Perkembangan pergerakan
nasional Indonesia |
V |
Disajikan sebuah gambar tokoh pejuang pergerakan
nasional, peserta didik dapat
menjelaskan bentuk perjuangan tokoh tersebut secara
tepat. |
PG |
||
9 |
3.1 Mengidentifikasi karakteristik geografis dan kehidupan sosial budaya, ekonomi, politik di wilayah
ASEAN. |
Kondisi geografis dan kehidupan sosial
budaya negara-negara di Asia Tenggara |
VI |
Disajikan sebuah
deskripsi, peserta didik
dapat menentukan negara
di wilayah Asia Tenggara
yang belum pernah dijajah oleh bangsa Eropa
secara tepat. |
PG |
Kondisi geografis dan
kehidupan sosial budaya negara-negara di Asia Tenggara |
VI |
Disajikan gambar bendera anggota ASEAN (Malaysia),
peserta didik dapat mengidentifikasi kondisi geografis negara
tersebut secara tepat. |
PG |
||
Mengenal negara-negara anggota ASEAN |
VI |
Disajikan tabel,
peserta didik dapat
menentukan 3 tokoh
pendiri ASEAN beserta negara asalnya secara
tepat. |
PG |
||
Potensi ekonomi
negara-negara anggota ASEAN |
VI |
Disajikan sebuah
pernyataan, peserta didik dapat menyebutkan negara yang paling maju di kawasan ASEAN dan sebagai transit
teramai di Asia dengan benar. |
PG |
||
Deskripsi kondisi alam
Asia Tenggara |
VI |
Disajikan sebuah deskripsi, peserta didik dapat
menyebutkan negara di kawasan Asia Tenggara yang tidak
berbatasan laut secara tepat. |
PG |
||
10 |
3.2 Menganalisis perubahan sosial budaya dalam rangka modernisasi bangsa Indonesia. |
Tokoh dan penemuannya yang mengubah dunia |
VI |
Disajikan sebuah deskripsi
tentang Charles Babbage, peserta didik dapat menentukan nama alat yang
ditemuka oleh tokoh
tersebut dengan benar. |
PG |
NO. |
KOMPETENSI DASAR |
MATERI |
KELAS |
INDIKATOR SOAL |
BENTUK SOAL |
|
|
Tokoh dan penemuannya yang mengubah dunia |
VI |
Disajikan ilustrasi, peserta
didik dapat menyebutkan dampak penemuan alat
transportasi modern pada
bidang ekonomi secara
tepat. |
PG |
Modernisasi masyarakat Indonesia |
VI |
Disajikan sebuah tabel,
peserta didik dapat
menentukan pasangan antara
dampak positif meodernisasi dengan bidang yang
sesuai secara tepat. |
PG |
||
Modernisasi masyarakat Indonesia |
VI |
Disajikan pernyataan,
peserta didik dapat mengidentifikasi ciri-ciri masyarakat modern
secara tepat. |
PG |
||
11 |
3.4 Menganalisis posisi
dan peran Indonesia dalam kerja sama di bidang ekonomi, politik, sosial, budaya, teknologi, dan pendidikan dalam
lingkup ASEAN. |
Menganalisis peran dan posisi Indonesia dalam kerja sama
di lingkup ASEAN |
VI |
Disajikan sebuah
pernyataan, peserta didik dapat menentukan nama kerjasama ASEAN dalam
bidang olahraga yang diadakan setiapp
dua tahun sekali secara tepat. |
PG |
VI |
Disaikan pernyataan,
peserta didik dapat menyebutkan kawasan perdagangan
bebas sebagai bentuk kerja sama negara anggota ASEAN secara tepat. |
PG |
|||
VI |
Disajikan dekskripsi, peserta
didik dapat mengidentikasi dampak positif MEA
bagi Indonesia secara tepat |
PG |
|||
VI |
Disajikan sebuah ilustrasi tentang proyek
industri, peserta didik dapat menentukan negara
yang memproduksi vaksin
di ASEAN secara
tepat. |
PG |
|||
Globalisasi |
VI |
Disajikan pernyataan,peserta didik
dapat menjelaskan pengertian dari globalisasi secara
tepat. |
PG |
||
12 |
3.4 Memahami makna proklamasi kemerdekaan, upaya mempertahankan kemerdekaan, dan upaya mengembangkan kehidupan kebangsaan yang sejahtera. |
Makna proklamasi kemerdekaan, upaya mempertahankan kemerdekaan, dan upaya mengembangkan kehdiupan kebangsaan yang sejahtera |
VI |
Disajikan sebuah
pernyataan peserta didik
dapat menentukan makna
dari proklamasi Kemerdekaan Indonesia secara
tepat. |
PG |
NO. |
KOMPETENSI DASAR |
MATERI |
KELAS |
INDIKATOR SOAL |
BENTUK SOAL |
|
|
|
VI |
Disajikan gambar tokoh yang berjasa dalam
proklamasi kemerdekaan,peserta didik
dapat menentukan peran
tokoh tersebut dengan benar. |
PG |
|
|
|
VI |
Disajikan sebuah pernyataan salah satu isi perundingan,peserta didik
dapat menyebutkan nama perjanjian yang berisikan pernyataan perundingan tersebut secara tepat. |
PG |
|
|
|
VI |
Disajikan sebuah ilustrasi
tentang proklamasi,peserta didik dapat menentukan
tokoh yang berjasa dalam pengetikan naskah proklamasi kemerdekaan indonesia secara
tepat. |
PG |
|
|
|
VI |
Disajikan sebuah
ilustrasi, peserta didik
dapat menetukan letak
tujuan nasional bangsa
Indonesia dalam pembukaan Undang -Undang Dasar 1945 secara tepat. |
PG |
|
|
|
VI |
Disajikan sebuah deskripsi tentang pelajar yang
bertanggungjawab, peserta
didik dapat menentukan kewajiban seorang pelajar dalam mempertahankan kemerdekaan
secara tepat. |
PG |
TETAP SEMANGAT
No comments:
Post a Comment