Wednesday, October 14, 2020

Tema 4 Subtema 1 Pembelajaran 2 (Kamis, 15 oktober 2020)

  
Selamat datang siswa siswi kelas VI A Imam Hambali
Apa kabar hari ini?
Tetap semangat yah, meskipun belajarnya dari rumah.


 😊Sebelum memulai pembelajaran, ABSEN dulu yah!😊





😊MURAJAAH HAFALAN SURAH😊

SURAH AL-FAJR



😇TEMATIK😇

Muatan SBdP

Pengertian Reklame dan Ciri-ciri Reklame

        Reklame adalah salah satu bentuk ajakan atau pemberitahuan kepada orang lain.
Tujuan reklame digunakan yaitu untuk menawarkan dan mengajak pembaca agar mengikuti anjuran atau membeli produk yang ditawarkan dan meyakinkan bahwa barang yang ditawarkan berkualitas baik.

Reklame memiliki dua jenis berdasarkan tujuan pengadaannya, yaitu :
  1. Reklame komersial adalah reklame yang sifatnya menawarkan barang atau produk, dan biasanya digunakan oleh para pedagang. Misalnya, mempromosikan kedai makanan
  2. Reklame nonkomersial adalah reklame yang sifatnya mengajak orang lain untuk berbuat sesuatu atau memberi anjuran yang baik. Misalnya, ajakan untuk menghemat energi listrik dan menanam pohon di halaman rumah.
Berdasarkan medianya, reklame dibedakan menjadi tiga jenis yaitu:
  1. reklame audio              👉  menggunakan media suara atau bunyi tertentu
  2. reklame visual              👉  menggunakan gambar, baik gambar diam maupun gambar bergerak, dan
  3. reklame audiao visual  👉  gabungan dari audio dan visual
Ciri-ciri reklame, antara lain :
  1. berisi informasi, membujuk, atau mengajarkan masyarakat
  2. menggunakan kata-kata yang menarik agar pembaca berminat dan tertarik.
  3. terdapat slogan di dalamnya. Slogan adalah kalimat pendek yang menarik dan mudah diingat oleh pembaca
  4. terdapat gambar atau ilustrasi untuk membuat reklame lebih menarik, dan
  5. tata letak antara tulisan dan gambar terlihat rapi
Contoh reklame adalah : iklan, brosur, leaflet, poster, spanduk, billboard, baliho, banner, flyer, dan videotron.

Untuk menambah wawasan kalian, simaklah tayangan video berikut!

Muatan PPKn

SIKAP TERHADAP KEBERAGAMAN KEGIATAN EKONOMI 

            Setiap manusia memiliki kebutuhan yang berbeda. Perbedaan kebutuhan tersebut menyebabkan beragamnya kegiatan ekonomi di masyarakat. Ada masyarakat yang melakukan kegiatan ekonomi berupa produksi, distribusi, ataupun konsumsi.
            Contoh kegiatan produksi adalah petani jagung, peternak ayam, dan nelayan. 
            Contoh kegiatan distribusi adalah pengantar barang (kurir), pedagang telur, dan agen beras.
            Contoh kegiatan konsumsi adalah pembeli makanan dan minuman, pembaca buku, dan pengendara sepeda.
Meskipun kegiatan ekonomi yang dilakukan berbeda, kita harus tetap saling menghormati dan menghargai. Kegiatan ekonomi yang berbeda tidak menjadi penghalang untuk kita tetap bersatu.

Sikap yang harus kita terapkan dalam keberagaman ekonomi di lingkungan sekitar adalah sebagai berikut :
  1. Saling menghargai dan menghormati atarpelaku kegiatan ekonomi
  2. Membayar barang yang dibeli sesuai dengan harganya.
  3. Bermain dengan tanpa membedakan kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh orang tuanya.
  4. Tidak bersikap sombong terhadap kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh orang tua
  5. Memudahkan kurir dalam mengirimkan barang dengan cara memberikan alamat yang jelas
  6. Memuji barang yang dihasilkan oleh pelaku kegiatan ekonomi lain.
  7. Melakukan persaingan yang sehat antarpelaku kegiatan ekonomi.

  

  1. Muatan SBdP (halaman 13 di buku paket tematik Tema 4 Subtema 1 Pembelajaran 2)

  2. Muatan PPKn 👉 Tulislah cerita mengenai kegiatan ekonomi keluargamu!

📔CATATAN:📔

Tugas Tematik didokumentasikan dalam bentuk foto lalu dikirim ke Whatsapp Ibu Guru.

No comments:

Post a Comment

Tema 3 Subtema 3 Pembelajaran 5, Pramuka (Jumat, 1 Oktober 2021)

  Selamat datang siswa siswi kelas VI B Imam Hanafi Apa kabar hari ini? Tetap semangat yah, meskipun belajarnya dari rumah .   💗 TADARUS AL...